Sabtu, 01 Oktober 2011

Apa Itu Corrupted Files Pada Komputer

Corrupted files atau file rusak adalah file komputer yang tiba-tiba menjadi tidak bisa diakses atau dibuka atau tidak dapat digunakan. Ada beberapa alasan mengapa file jadi rusak. Dalam beberapa kasus, adalah mungkin untuk memulihkan dan memperbaiki file rusak, sementara di lain waktu mungkin perlu untuk menghapus file dan menggantinya dengan versi sebelumnya disimpan.

Sebuah Corrupted files atau file rusak dapat terjadi karena cacat atau bug dalam perangkat lunak yang digunakan untuk membuat dan memanipulasi file yang bersangkutan. Seringkali, ini adalah masalah sementara yang akan terjadi sekali, kemudian hilang untuk selamanya. Di lain waktu, bug mungkin hasil dari infiltrasi oleh virus atau perangkat lunak asing lainnya yang mengganggu fungsi program. Ketika pengguna mencoba untuk membuka file rusak, sistem mengunci dan kemudian memberikan pesan mengidentifikasi masalah dengan file tersebut. Bila Corrupted files terjadi, garis pertahanan pertama adalah membuat penggunaan tools dalam sistem untuk mencoba memecahkan masalah. Jika Corrupted files terjadi karena kesalahan pada sistem operasi, tools tadi akan memperbaiki masalah tersebut dan file akan dapat diakses lagi. Selain itu, ada baiknya untuk menjalankan program deteksi virus dan mengisolasi asal masalah dan memperbaikinya. Setelah koreksi dilakukan, perangkat lunak melakukan sebagaimana mestinya, dan file rusak akan membuka dan menutup seperti biasa.
Ketika file rusak tidak dapat diperbaiki, mungkin perlu untuk menggunakan beberapa metode recovery data. Dalam kasus ekstrim, file cadangan mungkin diperlukan untuk efek pemulihan total database. Ini adalah salah satu alasan mengapa membuat backup secara teratur adalah penting. Dalam hal terjadi file rusak dan file saat ini tidak bisa diperbaiki, menghapus file dan menginstal ulang salinan yang disimpan akan memungkinkan pengguna untuk melanjutkan tetapi dengan kehilangan sebagian data dan waktu.

Disunting dari:
http://agussale.com/apa-itu-corrupted-files-pada-komputer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar