Sabtu, 01 Oktober 2011

Teknologi Data Recovery 1

Perkembangan Teknologi Informasi telah merevolusi cara hidup manusia saat ini, salah satunya adalah metoda penyimpanan data. Selama beribu-ribu tahun manusia selalu mencoba untuk menyimpan data, dimulai dari menggambar dinding batu, menulis pada daun, menulis pada batang bambu, batang kayu, samapai dengan kertas. Semuanya dilakukan dengan cara tradisional atau analog.
Tanpa kita sadari betapa pentingnya perubahan yang terjadi dalam beberapa dekade ini.. Dimana manusia yang selama beberapa ribu tahun secara umum menyimpan datanya dalam kertas, tiba-tiba semuanya berbondong-bondong berpindah ke era digital. Semua data dikonversikan dalam bentuk digital dan ditransaksikan secara cepat melalui internet.
Banyak sekali kelebihan dalam menyimpan data digital, namun banyak juga kekurangannya. Catatan yang seharusnya dalam bentuk kertas harus disimpan dalam ruangan yang sangat besar, tiba-tiba bisa disimpan dalam bentuk digital di dalam harddisk yang berukuran kecil. Namun data yang disimpan dalam bentuk digital juga memiliki banyak kekuranga, yaitu rentan terhadap kerusakan. Kerusakan data digital yang tersimpan di dalam media penyimpanan bisa terjadi karena serangan virus, listrik yang tidak stabil, dan lain sebagainya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar