Sabtu, 01 Oktober 2011

Tips Membuang Media Penyimpanan Elektronik 1

Dikutip dari:
ilmukomputer.org  
Fandi Gunawan

Beberapa saat yang lalu penulis hendak membuang beberapa keping DVD yang berisi data-data yang sudah tidak lagi terpakai.  Penulis jadi ingat sesuatu yang sering dilakukan oleh para pengguna komputer mengenai media penyimpanan mereka   yang   tidak   terpakai   yaitu   tidak   menghancurkan   data   yang   ada didalamnya ataupun menghapus data tersebut tanpa bisa direstorasi kembali.

Pada tahun 2005, O&O Software melakukan suatu riset mengenai apakah benar media  penyimpanan yang dijual di e-Bay telah dihapus dengan benar (baca : kemungkinan   direstorasi   kecil   sekali).                                                    Sungguh   mengejutkan,   dari   100 harddisk yang dipesan ternyata 75 harddisk dapat direstorasi kembali datanya.


Menurut  kabar,  banyak  data-data  pribadi  maupun  yang  sifatnya  sensitif  ini masih   bisa   dibaca   orang  yang   tidak  seharusnya   membaca  data-data  ini. Caranyapun   cukup   mudah   yaitu   dengan   menggunakan   mesin   pencari   di internet untuk mencari dengan kata kunci unerase ataupun unformat”.  Saya membahas hal ini bukan karena paranoid, tetapi untuk memberikan kesadaran pada masyarakat tentang pentingnya  selain menyimpan data juga melakukan metode  yang  tepat  ketika  hendak   menghancurkan  media  penyimpanan  / menghapus data-data.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar